Mematikan Mesin Motor Kala Lampu Merah Aman Tidak Ya?


Gambar

Kemacetan makin menjadi-jadi, dan waktu berhenti di lampu merah pun makin lama. Hal ini membuat pengendara motor banyak yang mematikan kendaraannya ketika menunggu lampu lalu lintas kembali hijau.

“Saya matiin mesin motor biar ngirit bensin mas. Kan kadang ada lampu merah yang ijonya lama banget, bisa hitungannya 300 detik. Daripada motor nyala, banyak asapnya juga ya sudah kita matiin aja mesinnya,” tutur Dicky seorang pengendara motor sport kepada detikOto.

Sebenarnya aman tidak ya bagi motor yang tidak menganut teknologi start-stop untuk mematikan motornya sementara di lampu merah? Langsung saja kita tanya yang berwenang.

“Memang untuk mesin motor tidak berpengaruh. Tetapi ini bisa menjadi efek jangka panjang, lama kelamaan mesin juga bisa menjadi rusak. Karena motor harus hidup lalu mati berulang-ulang dalam waktu yang singkat,” ujar Kosworo, Chief Mechanic Yamaha Berkah Abi kepada detikOto.

Kepala mekanik dari diler motor Yamaha yang berada di jalan Raya Condet Jakarta Timur ini juga mengatakan, bahwa dinamo starter lah yang paling kena dampak awal.

“Akibat sering mematikan dan menghidupkan selama lampu merah yang paling terkena dampak yaitu Dinamo Starter dan kunci kontak tentunya,” tambahnya.

Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan Wahidin (38) Kepala Mekanik Honda Adam Motor yang berada di Jalan TB. Simatupang.

“Yang paling terkena dampak adalah motor starter dan aki. Terlebih lagi sekarang di jalan Jakarta para pengendara sepeda motor roda dua harus menyalakan lampu di siang hari, selain itu kalau pengendara mematikan kendaraannya dalam posisi gigi masuk, ini membuat motor starter bekerja lebih besar,” katanya.

Wahidin menuturkan motor dengan transmisi otomatis juga akan lebih tersiksa jika dimatikan mesinnya kemudian langsung dipacu kencang begitu lampu menyala hijau.

“Terlebih lagi kalau motor matik, ini bisa membuat transmisi dan V Belt lebih cepat haus dan membuat motor lebih boros karena putaran gas langsung terbuka lebar, karena motor saat baru menyala langsung dibawa untuk berkendara,” ujarnya.

Terus enaknya pas di berhenti di lampu merah bagaimana? Ini dia triknya

1. Lebih baik menunggu tidak perlu mematikan mesin. Kecuali dalam keadaan macet parah yang membutuhkan waktu berjam-jam, karena kalau seperti ini motor bisa overheat.

2. Kalau lampu merah tetap menyalakan kendaraan dalam keadaan netral.
3. Kalau memang sangat terpaksa harus mematikan kendaraan, lihat terlebih dahulu berapa lama lampu merah itu menyala, karena untuk dinamo starter bisa dihidupkan kembali setelah mati itu, minimal 20 detik.

http://us.oto.detik.com/read/2011/01/23/200538/1667400/1214/mematikan-mesin-motor-kala-lampu-merah-aman-tidak-ya

About Pakdhe Phantom

My Life Is My Journey
This entry was posted in About Tips and Tricks. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s