Jangan Sering Bongkar Karburator Sepeda Motor


Membersihkan karburator termasuk dalam rangkaian setiap melakukan servis ringan sepeda motor. Sebetulnya, menurut Erwin Oey (mekanik Honda Aries Motor), komponen tersebut tak harus bongkar. “Servis karbu harus dibongkar jika jalur bensin mampet dan tidak bisa dibersihklan dari luar. Selain karena masalah ini, servis karbu cukup setel settingan anginnya,” jelas Erwin.

Sering bongkar bisa bikin derat baut-baut rusak bahkan dol. Selain itu, karet sil jadi cepat longgar. “Jika ada kejadian parah, seperti kemasukan kotoran debu atau air, setting karbu itu gak cepat berubah. kecuali di utak-atik sembarangan,” tegas Akiang, pebengkel di Ciputat.

solusi mudah dan murah karena prosesnya enggak makan waktu dan tenaga. Intinya, bisa dikerjakan sendiri. Inilah langkahnya;
1. Jika pakai filter bensin antara tangki dengan karbu, rajinlah mengecek. Jika kotor, bersihkan atau ganti.

2. Tanpa filter bensin, rajin buang bensin di mangkuk karbu dua atau 3 hari sekali. Atau tiap isi bensin penuh. Caranya, tinggal kendurkan baut pembuangan di mangkuk.

3. bersihkan saluran udara di congor kabru dengan cairan pembersih. Caranya, lepas karet penyambung karbu dengan boks filter, lalu semprot semua lubangnya sambil hidupkan mesin. 

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2010/07/22/17122875

About Pakdhe Phantom

My Life Is My Journey
This entry was posted in The Stories. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s