Warung Nasi Langganan Sopir Taksi


 Warung Nasi Langganan Sopir Taksi

Karena itu, sekalipun tempatnya agak jauh di luar kota Denpasar, saya pun akhirnya menyempatkan diri singgah ke situ. Sekalipun alamatnya tidak jelas, tetapi, ternyata, sangat banyak orang mengenal warung nasi yang terkenal ini.

Warungnya sudah buka sejak pukul 10 pagi. Maklum, karakteristik pelanggannya memang sudah memerlukannya untuk early lunch, khususnya para pengemudi kendaraan yang ramai melintas di jalan itu. Warga desa pun merupakan pelanggan terbesar dari warung ini. Sekitar pukul 1 atau 2 siang, warungnya sudah tutup karena jualannya habis. Dalam waktu 3-4 jam saja, sekitar 200 porsi nasi terjual di warung ini – baik yang dimakan di tempat maupun yang dibungkus dan dibawa pergi.

Seporsi nasi, lengkap dengan lauk-pauknya, dihargai Rp 11 ribu. Porsi nasinya cukup banyak. Lauk utama adalah yang dikenal dengan nama be sisit di Bali, yaitu ayam goreng yang disuwir halus, lalu digaulkan dengan sambal matah. Sambal matah sendiri adalah rajangan halus bawang merah, cabe rawit, digerus dengan garam, trasi, jeruk nipis, dan minyak kelapa. Karena membuatnya dibejek-bejek dengan tangan agar semua komponennya tercampur, tetapi tetap bertekstur kasar, sambal matah juga umum disebut sebagai sambal bejek.

Di Warung Nasi Blayu ini, sambal matahnya memakai kecicang – yaitu bahasa Bali untuk menyebut bunga kecombrang atau honje. Kecicang yang dirajang halus ini menciptakan aroma yang harum, serta citarasa asam segar yang sungguh indah. Mak nyuss!

Kunci keistimewaan sajian ini adalah sambal bejeknya yang senantiasa segar. Hampir tiap 15 menit, batch baru sambal bejek dibuat, dan dicampur dengan suwiran ayam. Men Kasih dan Pan Wiwin seperti tidak habis-habisnya bekerja memproduksi sambal bejek terus-menerus. Freshness dari sambal bejek itulah yang menjadi standar mutu Warung Nasi Blayu.

Lauk lainnya adalah tum ayam – yaitu pepes ayam cincang yang dikukus dalam daun pisang, krupuk kulit ayam yang renyah kriuk, dan kuah soto ayam. Lauk-pauk ini sebenarnya hanya merupakan pelengkap tekstur dalam porsi komplet itu.

Warung nasi yang sudah bertahan selama tiga generasi itu kini sudah makin luas pelanggannya. Bukan lagi hanya warga desa dan para pengemudi yang melintas jalan ini, tetapi juga para foodies dari tempat-tempat jauh yang sudah mengenali reputasi sajian warung sederhana ini.

Sambel Bejek
Warung Nasi Blayu
Banjar Gunung Siku
Mengwi, Bali
0361 8623310

Sumber : http://www.detikfood.com/read/2011/06/16/105051/1661541/933/warung-nasi-langganan-sopir-taksi

About Pakdhe Phantom

My Life Is My Journey
This entry was posted in Culinary. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s