Mengenal Aliran dan Sekte Modifikasi Motor – Part 1


Apa yang lo dapat sih dari modif motor semahal ini? “Mendingan diutnya ditabung aja atau buat makan-makan ketahuan kenyang” selorohya lagi. “Gue dapat segalanya, terutama kepuasan bathin bikin beda motor ini. Soal harga nomer sekian, yang penting puas dan pas di hati” Jelas Raka.

Kalau sudah bicara hobby, kadangakala nalar sehat saja kalah. Tidak peduli dengan jutaan rupiah yang penting berani beda di jalan. Kira-kira itu sedikit alasan motobikers memodif motornya. Jenis modifikasi-pun sangat banyak, ilmunya diadaptasi dari luar negeri seperti Thailand, Amerika, Jepang, India dan lain sebagainya. Lantas ada berapa jenis aliran dan penganut sekte modifikasi motor itu? Ok, mari kita berbagi bersama.

1. Ceper

Yamaha Vega Ceper

Istilah ceper diambil karena bentuk modif motornya yang rendah. Bahkan sampai mesin motornya hampir mencium tanah. Banyak juga ceperis yang suka rela memotong rangka motor dan shockbreaker, mengecilkan bannya dan meniadakan tanki bensin dan menggantinya dengan botol minuman.

Ketika melintasi Polisi tidur, si Ceperis rela menggotong motornya, artinya mereka rela bersusah-ria. Uniknya komunitas ceper termasuk komunitas motor yang cukup fanatik dan idealis di Indonesia, namun tetap menghormati orang lain selain penyuka ceper. Bagi mereka ceper is brotherhood.

2. Dub City

Dub City

Di dunia modifikasi, Dub City termasuk anak baru. Umurnya masih di bawah ceper. Melihat sejarahnya, aliran ini mengikuti aliran modif mobil di Amerika yang suka berganti warna yang eksentrik, jelas, beda dan gaya.

Awalnya penggila aliran modifikasi ini menggunakan paduan warna yang berbeda dalam satu motor. Antara 2 warna hingga 7 warna. Umumnya warna yang satu dan lainnya dibatasi garis pemisah lurus. Namun dalam perkembangannya garis ini bisa diadaptasi menjadi garis airbrush yang biasanya mengadopsi gambar seperti lidah api, ombak, zig zag petir dan lain sebagainya. Di Indonesia, penganut aliran ini banyak di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

3. Poser

Poser

Diantara aliran dan sekte modifikasi lainnya, Poser menjadi pilihan primadona para penikmat motor modif. Karena tetap mengutamakan penampilan dan fungsional motornya. Tidak banyak yang diubah, temanya lebih mengedepankan gaya dan mau beda saja di jalan. Sehingga pilihan modifikasinya tidak terlalu banyak, hanya main warna yang lebih elegan. Kalaupun harus belanja pilihan modif lain, barang-barangnya mudah didapatkan di toko modifikasi atau gampang dibuat (hand made). Poko’e yang penting gaya.

>> next

Sumber : http://www.motodream.net

About Pakdhe Phantom

My Life Is My Journey
This entry was posted in About Motorcycles. Bookmark the permalink.

One Response to Mengenal Aliran dan Sekte Modifikasi Motor – Part 1

  1. Pingback: Mengenal Aliran dan Sekte Modifikasi Motor – Part 2 | “Be grateful that LOVE gave you a chance to GROW and become BETTER so you could better SERVE this world.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s