Mengenal Aliran dan Sekte Modifikasi Motor – Part 4


Kalau bicara modif, sebetulnya tidak ada istilah “terahir”, karena dunia modifikasi selalu mengikuti perkembangan jaman. Dari waktu ke waktu akan semakin banyak modifikator ulung yang melahirkan aliran dan sekte modif, dengan istilah, gaya, corak dan motivasi yang berbeda-beda.

10.Hyper Perfomance

Jika aliran dan sekte Street Performance (SP) saja sudah bikin gempar dunia persilatan, sekarang ini malah ada yang lebih gila lagi, Hyper Performance (HP) ! namanya. Aliran ini secara kasta, jelas lebih tinggi dari SP. Beberapa ubahan yang di modif, lebih mengarah ke arah tenaga yang besar untuk dapat lari sekencang – kencangnya.

Hasilnya ? tentu saja tidak semua mekanik dapat me-setting bore up mesin yang tinggi. Otomatis ketahanan mesin hanya bisa bertahan untuk beberapa pemakaian saja. Misalnya Jupiter Z 110 cc di bore up jadi 200-230 cc, Mio di bore up hingga 300 cc dan lain sebagainya.

Penikmat aliran HP tidak berfikir urusan mesin motor yang jebol gara-gara panas yang tinggi dan tidak seimbang, baginya yang penting bisa lari sekencang-kencangnya. Penganut aliran dan sekte ini banyak tersebar di wilayah Jogja, Bondowoso Bali dan beberapa daerah luar pulau Jawa lainnya.

11 Low Rider

Trend pengguna motor matic di Indonesia, kian jelas menghidupkan aliran dan sekte Low Rider ini. Sebelumnya aliran Low Rider sempat mati suri, setelah ditinggal produksi dan perkembangan motor Vespa. Kebangkitan aliran ini dimulai tahun 2003, setelah Yamaha merilis motor automatic Mio.
Tampilan motornya yang mengedepankan ruang besar di bagian kaki dan ban, serta memangkas tampilan speedometer. Menjadikan sosok aliran yang berasal dari Amerika-Mexico ini gampang dicirikan. Cukup mudah menemukan mereka di jalan-jalan besar,  tampilannya yang kalem di balut dengan perawakan motornya yang cenderung rendah, sepertinya pas sekali dengan motto yang mereka miliki Low and Slow. Low Rider banyak tersebar di daerah Bandung, Jakarta dan Cirebon.

back <<>> next

Sumber : http://www.motodream.net

About Pakdhe Phantom

My Life Is My Journey
This entry was posted in About Motorcycles. Bookmark the permalink.

2 Responses to Mengenal Aliran dan Sekte Modifikasi Motor – Part 4

  1. Pingback: Mengenal Aliran dan Sekte Modifikasi Motor – Part 3 | PakDhe Phantom's Blog

  2. Pingback: Mengenal Aliran dan Sekte Modifikasi Motor – Part 5 | “Be grateful that LOVE gave you a chance to GROW and become BETTER so you could better SERVE this world.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s