Share The Road


Masih ingatkan Slogan SHARE THE ROAD ???

Jalan raya bukanlah milik perorangan yang bisa digunakan sembarangan, jalan raya adalah milik bersama antara pengendara kendaraan bermotor, pengendara sepeda dan pejalan kaki.

Kalau kita sudah tidak mau saling berbagi berarti kita telah AROGAN di Jalan Raya, karena seakan-akan jalan ini adalah milik kita.

Biacara soal AROGANSI dijalan raya, saya jadi teringat saat melintasi jalan menuju Yogyakarta menggunakan sepeda motor dengan kecepatan sedang antara 50-60 km/jam (sesuai peraturan kecepatan maksimum luar kota 80 km/jam, kecepatan maksimum dalam kota 50 km/jam).

Pada saat berada di wilayah Magelang sedang asyiknya bawa motor tiba-tiba dikagetkan dengan suara klakson dan sirine yg biasa polisi pakai (tot tot !!),  disaat saya lirik spion ternyata ada rombongan Club Motor…

Disaat mereka mulai menyalip saya dikagetkan sama yang motor kedua karena mepet sekali ke motor saya… lewat !.. tambah lagi ketiga …. main “gunting” jalur orang… wuss!!…

Dua motor yang terakhir dengan atribut rompi kuning bertuliskan SWEEPER dan SAFETY GUARD langsung main gunting juga, jangan berharap saya kejar rombongan itu karena yang terbayang dalam pikiran saya jelas wajah-wajah orang-orang yang saya sayangi yang berharap saya kembali dengan selamat, lagipula motor saya secepat apa bisa nyusul mereka?

Apakah mereka hanya berpikir tidak ada “orang” selain mereka di jalan raya itu ?
Kalaupun mereka pengendarai motor dijalan hanya sendiri mereka mengendarai motornya tampak sopan, tapi kalau ramai-ramai, sulit membedakan mereka dengan “geng motor” yang senangnya ugal-ugalan.

Saya tidak peduli dan tidak iri dengan motor yang kalian miliki, tapi ya kalau di jalan tolonglah jangan arogan seperti itu ? Perlu kalian ketahui bahwa tidak sedikit para pengendara (mobil atau motor) yg menyumpahi kalian bila iring-iringan kalian melaju dengan seenaknya.

Kalian lebih pantas disebut “orang-orang” tidak bertanggung jawab, yang terbayang oleh saya bila saja satu dari kalian menyenggol motor saya sampai saya terjatuh, mustahil kalian akan berhenti dan bertanggung jawab ! …. peduli saja tidak dengan pengendara lain?

Saya kadang berkhayal, di saat kalian touring (ugal-ugalan) dan salah satu atau dua dari kalian terjatuh, saya akan berhenti dan menghampiri kalian dan akan saya katakan  “emang enak?”. Bahkan kalau boleh lebih berkhayal, sudah jatuh dibakarlah motor kalian itu !

Foto : Ilustrasi

Sudah saatnya kita saling berbagi dengan pengguna jalan raya yang lainnya. Semoga slogan SHARE THE ROAD bukan hanya sebagai slogan tanpa arti…

About Pakdhe Phantom

My Life Is My Journey
This entry was posted in Safety On the Road. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

